Desain konten umkm pisang ijo juara

Desain konten umkm pisang ijo juara



Tahap I📌:Brainstorming

Bicara soal kuliner Makassar,siapa sih yang tidak tahu es pisang ijo?Nah,saya mengambil  UMKM dengan nama brand PISANG IJO JUARA  untuk membuat poster konten.

Bisnis ini merupakan usaha kuliner yang bergerak di bidang makanan khas Makassar, khususnya pisang ijo.Usaha ini berawal dari rumahan dan mulai jualan foodcard karena sangat populer, diminati oleh berbagai kalangan dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa akhirnya berhasil membuka outlet pertamanya di jln.Racing center ruko gardenia no.6 Makassar. 

Pemilik melihat peluang besar karena pisang ijo adalah makanan yang sudah dikenal luas, tetapi masih bisa dikembangkan agar lebih menarik bagi konsumen muda maupun keluarga. Ide ini semakin kuat dengan lokasi yang strategis, cocok untuk tempat meeting,nongkrong,nugas dan wfc.

Tahap II📌:Memikirkan Ide untuk Diwujudkan

"Pisang Ijo Juara" adalah brand pisang ijo yang inovatif,ramah,dan terjangkau,menyasar semua kalangan.Mereka menawarkan berbagai menu lainnya seperti es kepona,es teler,es cendol,dll.Dengan cita rasa tradisional yang otentik,harga bersahabat,serta suasana yang nyaman dan instagramable,sehingga menjadi pilihan tempat nongkrong sekaligus gaya hidup kekinian.

Dengan menyesuaikan konsep dari "Pisang Ijo Juara",saya memikirkan ide untuk desain konten yang mengfokuskan tampilan warna yang segar dan cerah(hijau muda,hijau tua,kuning,merah,pink,dan putih).Lalu menambahkan beberapa elemen seperti daun pisang,daun pandan,dll.Agar terlihat kesan natural dan otentik.Tak lupa juga memberikan sedikit deskripsi mengenai produk menu "pisang ijo juara" secara singkat 


Tahap III📌:Menggambar Desain/Sketsa  Kasar 

Pada tahap ini,ide-ide yang sudah kita matangkan mulai saya tuangkan ke dalam bentuk sketsa.Ini berfungsi sebagai draf awal sebelum nanti masuk ke visualisasi digital.Dengan membuat sketsa manual,saya jadi lebih fleksibel dalam menata letak teks,gambar produk,dan semua elemen visual lain yang akan megisi poster.Adanya sketsa kasar ini memastikan proses pembuatan poster jadi lebih terarah dan selaras dengan konsep utama yang ingin kita kembangkan.





Tahap IV📌:Hasil akhir sketsa kasar

Tahap ini  adalah penyempurnaan visual menggunakan alat gambar.Pada fase ini,detail ditambahkan dan proporsi elemen seperti logo,nama produk,harga,deskrpsi,serta ikon Call-to-Action(CTA) diatur untuk memastikan tampilan rapi,jelas,dan mudah dipahami.





Tahap V📌:Visualisasi Aplikasi Komputer
Tahap ini berfokus pada digitalisasi sketsa manual.Desain kemudian diproses menggunakan perangkat lunak desain grafis Canva untuk penyesuaian tata letak,pengaturan warna,penambahan tipohrafi,ikon,dan elemen pendukung lainnya.



Desain konten ini adalah iklan makanan untuk produk Es Pisang Ijo Juara, dengan gaya yang cerah dan menarik.
 
- Warna: Kombinasi warna kuning cerah dan hijau segar memberikan kesan segar dan menggugah selera.
- Elemen Visual:
- Foto Es Pisang Ijo yang menarik menjadi fokus utama.
- Logo Halal menjamin kualitas produk.
- Ilustrasi daun pandan dan penari menambah sentuhan lokal dan tradisional.
- Tipografi: Font yang digunakan ceria dan mudah dibaca, dengan penekanan pada nama produk dan harga.
- Tata Letak: Informasi disusun dengan jelas dan terstruktur, mulai dari nama produk, deskripsi, harga, kontak, hingga ajakan untuk memesan.
- Pesan: Iklan ini menyoroti kelezatan dan kesegaran Es Pisang Ijo, serta menggunakan bahan-bahan alami (ekstra daun pandan) dan kualitas lokal.
- Call to Action: Tombol "Order Now" mengajak pelanggan untuk segera memesan.


Posting Komentar

0 Komentar